Panglima TNI Gatot Nurmantyo Meresmikan Baksos TNI 2017 di Cilegon Banteng Jawabarat


Beritash,28 September 2017- Pagi ini Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo membuka resmi acara Bakti Sosial Kesehatan TNI dalam rangka menyambut HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon Provinsi Banten.

Sebelum dilaksanakannya Baksos Kesehatan TNI, kegiatan telah melaksanakan Karya Bakti TNI mulai bulan Agustus sampai dengan September di wilayah Kodam 1/Bukit Barisan dengan sasaran kawasan kumuh/pinggir kota Medan, yakni melakukan merenovasi Sekola TK Kartik, Asrama Widuri Marendal, perbaikan lapangan bola Jl. Air Jernih, renovasi kantor Veteran Belawan.

Kodam XIII/Merdeka dengan sasaran adalah kawasan pinggiran kota Manado meliputi pelebaran Jalan selebar 350 meter di Kelurahan Bailqng Kec. Bunaken Kab. Minahasa, pembangunan menara Gereja Efata di Bailang Kec. Bunaken, pembangunan Sekolah TK Alqur'an Masjid Alkautsr di Kec. Bunaken, pembuatan jembatan Gantung si Desa Talawaan Bantik Kec. Wori Kab. Minahasa Utara dan sosialisasi bahaya ISIS, radikalisme dan intoleransi.

Kodam XVI/Patimura, dengan sasaran wilayah Ambon meliputi rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 7 unit di Desa Hitu Mesing Kec. Leihitu Kab. Malteng dan pembuatan drainase 100 meter di Desa Hitu Mesing Kec. Leihitu Kab. Malteng. Sedangkan Kodam Iskandar Muda sasarannya adalah Kecamatan Silimun yakni dengan melaksanakan renovasi RTLH sebanyak 10 unit, renovasi TPA 1unit dan Masjid, renovasi lapangan voly 1 unit, saluran irigasi. Baksos tingkat pusat pengobatan massal terdiri dari operasi katarak, pengobatan gigi, pembagian kaca mata baca, alat bantu dengar dan pembagian kursi roda, donor darah, bazzar dan pembagian paket sembako.

Pelayanan kesehatan di kapal KRI dr. Soeharso dilakukan oleh Tim Kesehatan TNI bersama Walubi Pusat, Budha Tzu Chi dan Artha Graha Peduli. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 23 September 2017, Yankes dilaksanakan di KRI dr. Soeharso dengan 1 helly bell di Ujung Kulon adapun pengobatannya adalah Poli Umum sebanyak 214 orang pasien poli mata 45 orang poli gigi 60 orang, pemberian kursi roda sebanyak 6 orang dilanjutkan pembagian sembako 179 paket sembako serta pemberian 44 pasang kaca mata baca.

Kegiatan layanan kesehatan yang sudah dilaksanakan yaitu tanggal 25-27 September di KRI dr. Soeharso 990 dan 1 heli bell, dermaga VI, pelabuhan Merak terdiri dari pengobatan umum 5000 orang, operasi katarak 200 orang, operasi bibir sumbing 150 orang, pelayanan KB 300 orang, khitanan massal 750 orang, pengobatan gigi 500 orang, kacamata baca 300 buah, dan kursi roda 500 buah.