RELAWAN JAMKESWATCH YANG JALAN KAKI SURABAYA - JAKARTA DILEPAS DI TUGU PAHLAWAN

Jakarta, 19 SEPTEMBER 2017
Relawan Jamkeswatch Ade Kenzo yang akan jalan kaki Surabaya - Jakarta untuk menyerukan perbaikan jaminan kesehatan dilepas di Tugu Pahlawan, Surabaya, Selasa (19/9/2017).

Pelepasan ini dihadiri ratusan buruh Jawa Timur.

Sekretaris DPW FSPMI Jawa Timur, Jazuli, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjalanan ini merupakan momentum sejarah. Pilihan tempat di tugu Pahlawan, sekaligus hendak menegaskan bahwa perjalanan ini membawa spirit kepahlawanan.

Lebih lanjut, kata Jazuli, longmarch Surabaya - Jakarta ini bukan saja untuk buruh, tetapi juga untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Jamkeswatch yang juga Sekjend ASPEK Indonesia, Sabda Prana Djati menegaskan, bahwa longmarch yang akan dilakukan Ade Kenzo adalah mewakili seluruh rakyat Indonesia.

"Lelahnya Ade Kenzo adalah lelahnya 250 juta rakyat Indonesia. Keringat yang menetes dari Ade Kenzo adalah mewakili keringat 250 juga rakyat Indonesia. Bahkan jika dalam perjalanan ini kaki Ade Kenzo lecet dan berdarah, maka itu adalah dari orang-orang miskin yang ditolak di rumah sakit karena tidak mempunyai uang untuk berobat," ujar Sabda.

Longmarch Surabaya - Jakarta dilepas langsung oleh Direktur Eksekutif Jamkeswatch sekaligus Wakil Presiden KSPI Iswan Adbdullah.

Dalam sambutannya, Iswan berharap agar tidak ada lagi bayi Debora-Debora yang lain, yang meninggal dunia akibat tidak mendapatkan layanan kesehatan.

Oleh karena itu, masih menurut Iswan, jalan kaki Surabaya - Jakarta ini juga untuk mengusung tuntutan KSPI, yakni:

1. Mewajibkan seluruh klinik dan rumah sakit menjadi provider BPJS Kesehatan, tanpa terkecuali.

2. Tingkatkan anggaran biaya jaminan kesehatan melalui APBN.

3. Pastikan 80 juta penduduk Indonesia yang belum mempunyai program jaminan kesehatan menjadi peserta BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh negara bilamana mereka tidak mampu membayar.

4. Hapuskan sistem INA CBGs yang menyebabkan antrian pelayanan dan biaya murah sehingga menurunkan kualitas pelayanan klinik dan rumah sakit.

Tepat jam 13.35 WIB, longmarch Surabaya - Jakarta resmi dilepas.

Perjalanan yang diperkirakan akan ditempuh dalam waktu 36 hari, akan melewati rute: Surabaya – Gresik – Lamongan – Babat – Tuban – Rambang – Pati – Kudus – Demak – Semarang – Kendal – Pekalongan – Pemalang – Tegal – Brebes – Cirebon – Indramayu – Subang – Purwakarta – Karawang – Bekasi – Jakarta.

Terima Kasih

Said Iqbal
Presiden KSPI

Narahubung: Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S. Cahyono (0811 1098 828)