TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA (TMMD) KE-1OO BEKERJA SAMA DENGAN KEMENTERIAN PERTANIAN RI

Beritash.com

Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Suleiman, MP. besama KepaIa Staf Angkatan Darat (Kasad) JenderaI TNI MuIyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TNI ManunggaI Membangun Desa (TMMD) membuka secara resmi Rapel Koordinasi Teknis TMMD (Rakomis TMMD) ke100 yang dilaksanakan di Auditorium Kementerian Pertanian RI , Jakarta. Selasa (5/9/2017).

Pada TMMD ke-IOO ini, TNI bekerjasama dengan Kementerian Pertaman RI daIam rangka mempercepat tercapainya visi pemerintah untuk meningkatkan Ketahanan Pangan NasionaI daIam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat latar beIakang dari kerjasama ini adaIah arahan dari Presiden RI pada Apel Dansat TNl AD yang dilaksanakan di PangkaIan Bun, Kalimantan Tengah, pada bulan Desember 2014. tentang perintah kepada TNI AD mtuk membantu mewujudkan progam pemerintah swasembada pangan. Perintah Presiden RI tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan MoU antara Mentan Rl dengan Kasad pada tanggal 8 Januari 2015 untuk mewujudkan Ketahanan Pangan NasionaI.

Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri RI kepada seluruh Gubernur Bupati WaIikota Nomor 140/174/SJ tanggal 16 Januari 2017 tentang Penambahan kegiatan program TMMD dari 2 kaIi menjadi 3 kali daIam setahun,maka muIai tahun 2017 ini terdapat perubahan daIam pelaksanaan TMMD yang semula 2 kaII daIam setahun menjadi 3 kaIi daIam setahun. Program TMMD ke-IOO ini sendin, merupakan peIaksanaan TMMD tahap ke-3 pada TA 2017.

Tema Rakomis TMMD ke-100 ini adaIah,"Dengan Semangat TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah guna Meningkatkan Kemandirian Pangandan Kesejahteraan Masyarakat daIam rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”.

Kementan RI akan memberikan dukungan di setiap wilayah sasaran TMMD berupa bibit pertanian. saIuran Irigasi dan aIaI-alat pertaman. disesuaian dengan tipologi wilayah tersebut. Kegiatan TMMD ke-100 TA. 2017 Ini akan dilaksanakan selama 30 hari muIai tanggaI 26 September sampai 25 Oktober 2017 melibatkan personal dari unsur TNI PoIrI. Kementerian/LPNK dan Masyarakat sebanyak 7.800 orang yang tersebar di 52 Satgas, 52 Kabupaten/Kota, 66 Kecamatan den 94 Desa.

Program TMMD merupakan Implementasi dan budaya gotong royong yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia. Perencanaan TMMD mengedepankan poIa," Bottom Up Planning System," dengan sasaran fIsik dan non fisik sesuai skaIa prioditas yang dipadukan dengan program Pemerintah Daerah. HaI Ini diIakukan untuk menampung aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah-daerah semaksimal mungkin.