Bandung Wangi Mengadakan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak)"Dialog Pencegahan Exploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA)"

Jakarta,6 Nopember 2017---Perwakilan Bandung Wangi ibu Endang mengatakan tgl 26 oktober penyerahan dokumen untuk kegiatan yang mampu untuk tingkat di masyarakat untuk pencegahan kekerasan terhadap anak.Adapun 7 RPTRA yang sudah ada di lingkungan di Jakarta timur dan Jakarta Utara.

Pemilihan lokasi sangat tepat ada dekat kampus dan pasar tempat RPTRA.RPTRA Utang Kayu yang bekerja sama Bandung Wangi dan PLAN International,melakukan suatu pekerjaan sosial buat anak-anak sampai orang tua jompo ikut bergabung di RPTRA.Dari 10 pasilitator sudah ada yang tersedia.
Forum anak belum paham,dari 10 anak yang malu-malu ini akhirnya bisa tampil dan mendidik displin.
Adapun kegiatan untuk menari di RPTRA dimana untuk monivator buat temannya dan hidup disiplin dan stop ESKA.Pengelola RPTRA dimana di langsunkannya acara dialog dan diskusi ini.Semua titik yang ada di lingkungan masing-masing,baik dari pengurus RT dan RW nya semua harus kerja keras untuk melihat langsun titik rawan di lingkungan Jakarta timur dan Utara.
Dari Bandung Wangi untuk mengajak menghindari narkoba dan ESKA.Sebagai pengelola merasa terbantu dengan adanya kegiatan di RPTRA ini.

Pokja satu juga sudah terlibat langsun dalam kegiatan ini.Penyuluhan anti narkoba bekerja BNN dan kekerasan terhadap anak.
Anak-anak sekarang rentang ESKA dan narkoba,jadi dengan adanya acara ini maka lebih kedepannya pemerintah lebih bekerja sama.

Penyediaan layanan (anak-anak),
layanana dukungan cepat untuk korban dan anak-anak rentang termasuk layanan rehabilitasi , rumah aman dan bantuan hukum , sementara untuk jangka panjang dapat termasuk pengembalian ke keluarga atau masyarakat dn integrasi.

Peningkatan kesadaran terhadap anak-anak keluarga dan masyarakat,pemerintah,sektor swasta.Seeangkaian kampaye, edukasi pelatihan yang berfokus pada pembangunan kesadaran mengenai ESKA kepada kelompok-kelompok rentan dan pemangku kepentingan.Lobi dan advokasi terhadap anak-anak adalah komitmen yang terbangun dengan pemanku kepentingan di harapkan mampu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melindungi anak dari ESKA serta meminimalisir eksploitasi seksual.

Jaringan atau kelompok individu di masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi demi perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan,
Dalam semua situasi.Karena kemiskinan kerap menjadi faktor utama dari ESKA,salah satu rencana intervensinya akan berfokus pada pengembangan sosial-ekonomi.

"RPTRA ini di lengkapi fasilitas olah raga dan permainan anak-anak dengan piket yang bergantian." ujar pak lurah utang kayu heru susanto.
Dengan adanya RPTRA ini maka anak-anak dan masyarakat sekitanya merasa aman dan dapat mengawasi anak-anak mereka di lingkungannya.Jadi tidak ada lagi bentuk kekerasan terhadap anak-anak dengan adanya kerjasama Bandung Wangi.

Bandung Wangi adalah organisasi yang bergerak untuk sosial dan mendampingi anak-anak yang korban ESKA,kita tahu anak-anak kita adalah anak-anak untuk masa depan bagi orang tuannya."Yang masuk dalam lingkaran ESKA ini mereka tidak sadar apa yang akan terjadinya ke depannya."tegas Endang Selaku dari perwakilan Bandung Wangi.