Bimo Sasongko: Peran Guru Jangan Hanya Pendidik saja, Namun ‘Skunk Work’ Pembangunan

Bimo Sasongko, Ketua Umum IABIE dan CEO Euro Management

Jakarta, beritash.com~Hari Guru Nasional (HGN) yang diperingati setiap 25 November diharapkan terus meningkatkan kualitasnya sebagai tenaga pendidik agar maksimal dalam menggembleng karakter anak bangsa dan pendorong perubahan kearah kemajuan. Namun pada tahun 2017 dan tahun mendatang ini peran guru tidak hanya sebagai pendidik. Namun mampu menjadi terobosan untuk mencetak guru berkualitas melalui berbagai program khusus.

Salah satu konsultan pendidikan Internasional, Bimo Sasongko berharap peran guru di era millenial ini perlu ditingkatkan tidak hanya sebagai pendidik di sekolah yang tugasnya setiap hari mengjar dan mengevaluasi namun juga sebagai sebagai Skunk Works Pembangunan. Yaitu berperan sebagai tim penelitian dan pengembangan atau fasilitas yang terorganisir secara longgar dan sistematis.

Bimo mencontohkan, bahwa sejarah pembangunan negara maju, dimana guru yang memiliki prestasi tinggi bisa dijadikan Skunk Works Pembangunan. Sebagai Skunk Works guru mampu melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan daya saing bangsa berbagai bidang.

“Sejarah menunjukkan bahwa Skunk Works bisa membantu menciptakan efektivitas pemerintahan sekaligus merupakan tim super yang ditunjang oleh expert system yang canggih.”ungkap Bimo yang juga CEO Euro Management.  

Menurutnya, Postur guru nasional saat ini terlihat dari guru yang sudah memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang berjumlah sekitar 3 juta orang. Jumlah ini bila ditingkatkan SDM nya akan mampu mencapai target dalam membangun pemerintahan yang punya nilai daya saing.

Lanjut Bimo, ia menjelaskan bahwa salah satu yang dapat meningkatkan SDM guru ialah dengan memberikan kesempatan menempuh pendidikan di negara maju, dengan bantuan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Hal tersebut menurutnya dapat menpelajari secara langsung peradaban negara  maju dan teknologinya sehingga guru dapat mencapai fungsi Skunk Works. [fr]