Mahasiswa ini Gunakan Wayang Dalam Presentasi di Forum Ilmiah

Jakarta, beritash.com- Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia mengadakan seminar internasional yang mengangkat tema Strengthening Sustainable Development Global toward a World Peace Order yang diadakan di Pusat Kajian Jepang Universitas Indonesia di Depok.

Salah satu peserta yang mendapatkan kesempatan untuk mempersentasikan paper nya yang berjudul Hoax Phenomenon in Indonesia : Political Indentity and Human Security Perspective. Peserta itu adalah Agus Sugiharto, mahasiswa Ketahanan Nasional Universitas Indonesia mempresentasikan dengan Metode Wayang bersama dengan rekan penelitiannya Oki Anggara.

Agus dalam mempresentasikan hasil papernya tentang isu hoax yang sedang mewabah di Indonesia. Hal yang unik adalah mennggunakan wayang di ranah ilmiah, biasanya wayang digunakan untuk kegiatan kesenian. Ini merupakan komitmen Agus dalam nguri-uri budoyo jowo dalam hal ini adalah warisan budaya Indonesia melalui salah satu budaya lokal yaitu wayang.

Tokoh pewayangan yang sering digunakan adalah tokoh Punakawan, terutama tokoh Gareng. Seperti yang diungkapkan Agus  Ya, untuk nguri-uri budoyo jawa, dan memperkenalkan tokoh Gareng lebih luas Ungkapnya.

Harapannya Agus juga generasi muda terus bisa mencintai warisan leluhur dan lokal di daerah masing-masing dan bisa diangkat dalam bentuk kreativitas dan inovasi agar semacam kekinian dan tidak membosankan.