PERTUNJUKAN KESENIAN BETAWI di Zaman Modern

Beritash.com

Jakarta,15 Desember 2017-Pertunjukan kesenian Betawi yang di gagas oleh Bang Japar Indonesia yang dikomandoi oleh Isnan Ridho sebagai ketua Umum yang digelar selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 15 - 17 Desember 2017 ini dengan tema Betawi Muda Bangkit ini, berlangsung di Pusat  Kebudayaan Betawi, Jl. Bekasi Raya, kelurahan Rawa Bunga, kecamatan Jatinegara ( eks Gedung Makodim, Jakarta Timur).

Dalam acara pembukaan hajatan ini, Jumat, 15/12/2017 menampilkan kesenian Rebana Hadroh yang dibawakan oleh tim dari Gerbang Betawi yang pemainnya rata-rata remaja ini menyanyikan lagu diantaranya berupa sholawatan.

(Rebana Hadroh merupakan salah satu jenis alat musik khas Betawi, Jakarta.  Rebana ini terdiri dari tiga jenis yaitu "Bawa", irama pukulannya cepat dan berfungsi sebagai komando, "Ganjil" atau "Seling" berfungsi saling mengisi dengan "Bawa" dan "Gedug" yang berfungsi sebagai bas. Karena itu ada pula yang menyebutnya "Rebana Gedug".

Rebana Hadroh tidak dipukul dengan pukulan biasa, tetapi dipukul seperti memainkan gendang sehingga terdengar agak melodius. Jenis pukulan rebana hadroh ada empat yaitu tepak, kentang, gedug, dan pentil. Semua jenis pukulan itu dilengkapi dengan nama-nama irama pukulan seperti irama pukulan jalan, sander, sabu, pegatan, sirih panjang, sirih pendek dan bima.Sementara lagu-lagu Rebana Hadroh diambil dari syair Diiwan Hadroh dan syair Addibaai. Yang khas dari pertunjukan Rebana Hadroh adalah Adu Zikir. Dalam adu zikir tampil dua grup yang silih berganti membawakan syair Diiwan Hadroh, grup yang kalah umumnya grup yang kurang hafal membawakan syair tersebut.

Menurut info yang diperoleh newstipikor.com di lapangan selama tiga hari hajatan ini, selain pertunjukan kesenian Betawi akan ada juga Rakerda Bang Japar Indonesia Presidium Daerah (PresDa) Jakarta Timur.
Ada Festival ondel2, festival Hadroh. Tari-tarian betawi ( tari Ondel-ondel, tari Topeng).Ketua panitia Bang David Darmawan dari Gerbang Betawi dalam sambutannya menyatakan hari ini akan ada pemberian bea siswa untuk mahasiswa dan seorang dosen bernama bang Wawan.

"Malam Minggu nanti akan ada acara launching web gerbangbetawi.net  yang bisa mendata komunitas dan aktivitas orang Betawi, demi kemajuan Ekonomi dan Sosial Orang Betawi", tutur bang David."Akan ada talk Show, festival ondel-ondel, festival Nasyid, lomba fotografi", lanjut Bang David.