Kalapas Gunung Sugih: Komunikasi Efektif Ciptakan Pelayanan Terbaik

Beritash.com

Lampung,2 Februari 2018- Salah satu penyebab banyak orang berselisih paham adalah karena kesalahan komunikasi. Komunikasi terkadang menjadi hal yang disepelekan, padahal kesalahan dalam komunikasi dapat memicu suatu permasalahan yang kompleks dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sugih, Syarpani, saat memberikan pembekalan “Teknik Komunikasi” kepada 477 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Jumat (2/2) di Aula Lapas Perempuan Bandar Lampung.

“Teknik Komunikasi” merupakan salah satu materi yang disampaikan dalam orientasi CPNS wilayah Lampung ini yang dilaksanakan selama tiga minggu mulai tanggal 22 Januari s/d 10 Februari 2018.

Menurut Syarpani, kesalahan dalam menyampaikan informasi saat pelayanan masyarakat dapat memicu suatu permasalahan yang seharusnya mudah menjadi bermasalah karena kurangnya pengetahuan atau karena cara penyampaian yang salah.

“Sebagai pelayan publik, petugas Pemasyarakatan harus menguasai teknik komunikasi yang baik karena kita tidak saja melayani Warga Binaan Pemasyarakatan, namun juga masyarakat dan mitra kerja lainnya,” pesannya.

Ia menegaskan kepada seluruh CPNS, terutama Petugas Pengamanan Pintu Utama, sebagai garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban di lapas dan rutan dalam mencegah masuknya barang terlarang bahwa mereka akan menjadi kesan utama masyarakat dalam pelayanan.

“Harus diingat bahwa para petugas Pemasyarakatan merupakan Aparatur Sipil Negara yang wajib mematuhi Undang Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Memberikan Pelayanan Maksimal,” tandas Syarpani.