Masuk Ajaran Genap, Sekolah Kajian Strategi & Global UI Bentuk Forum Mahasiswa SKSG UI

saat prosesi pengukuhan forma SKSG tahun 2018/2019
Jakarta, beritash.com­--Memasuki tahun ajaran 2018 Semester genap, Sekolah kajian Strategi dan Global (SKSG) Universitas Indonesia menggelar kegiatan mahasiswa baru (Kamaba) yang bertempat di Gedung IASTH Universitas Indonesia Salemba, Selasa (6/2). Acara Kamaba ini dikemas dengan pengenalan seputar panduan administrasi akademik dan program-program studi yang ada di lingkungan SKSG.   

Direktur SKSG UI Muhammad Luthfi dalam sambutannya memaparkan tentang ruang lingkup kehidupan dan aturan di Kampus UI Salemba. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa inti dari program kajian Strategi dan Global ini adalah pengembangan keilmuan dari berbagai multidisiplin. Karena menurutnya permasalahan yang ada saat ini harus diselesaikan dengan berbagai macam disipilin ilmu.

“Contohnya adalah dalam menyelesaikan permasalan perkotaan juga pasti akan ada kaitannya dengan disiplin ilmu lain dan tentunya bisa berkolaborasi bersama untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan multidisiplin” tutur pria yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Saint Petersburg, Rusia.

Selain itu, Lutfi Juga melantik Forum Mahasiswa SKSG UI (Forma SKSG) yang merupakan forum yang terdiri dari mahasiswa berbagai kajian atau jurusan di SKSG. Forum yang baru dibentuk pada Desember 2017 ini merupakan forum yang berfungsi sebagai penyalur aspirasi mahasiswa dan turut membantu terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Indonesia.

Ketua FORMA terpilih, Biky Uthbek Mubarok menjelaskan bahwa forum mahasiswa ini pertama kali ada di lingkungan SKSG setelah tidak ada himpunan mahasiswa selama 20 tahun dan menjadi tanggung jawab yang berat karena harus memulai dari pertama mulai pembuatan pedoman AD/ART serta kesesuaian bidang dalam strukturasi.

“ Tugas kita cukup berat, bagaimana memperkenalkan SKSG ini yang dapat dikenal luas. Nah, itu kita minta perwakilan program studi untuk membantu bersama-sama memajukan SKSG ini”. Jelasnya Uthbek yang merupakan dari Prodi Ketahanan Nasional

Dalam kegiatan ini, selain juga pelepasan mahasiswa yang sudah diwisuda. juga menghadirkan launching Jurnal pertama yang dikeluarkan oleh Sekolah kajian Strategi dan Global. Jurnal yang berbahasa Inggris ini merupakan hasil publikasi jurnal Internasional yang diselenggarakan SKSG juga. [fr]