Kapal Patroli Albakora Karya Anak Bangsa Resmi Sebagai Patroli Komando Armada III

 Jakarta 9 Juli 2019,Kapal Patroli berjenis PC-40 KRI Albakora-867 pagi ini, di Dermaga Batavia Sunda Kelapa Marina Jakarta Utara yang langsung diserah terimakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. Alat alutsista baru milik TNI AL ini merupakan salah satu kapal perang bikinan anak bangsa yang diproduksi oleh PT. Caputra Mitra Sejati Banten. Pembuatan kapal tersebut dengan menggunakan dana APBN.

Spesifikasi kapal tersebut panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter, bobot 220 ton dengan kecepatan maksimal 25,6 knot, kecepatan jelajah 18 knot, dan kecepatan ekonomis 15 knot. Kapal tersebut berkapasitas penumpang 36 personal ABK yang dikengkapi dengan dua unit radar (JRC JMR-9225-6XN dan JRC JMA-9122-6XA. Bahkan kapal ini meniliki ketahanan dalam kemampuan layar selama enam hari.

Kris Pramono Direktur PT. Caputra Mitra Sejati Banten mengatakan, “Tugas pembangunan kapal sudah kami selesaikan dan siap untuk diserah terimakan. Pembangunan kapal patroli 40 meter cepat ini adalah andalan kami. Kami mempunyai visi dan misi mendukung alat alutsista pertahanan negara. Hal ini merupakan semboyan kami “Merah Putih Pasti Bisa,” dan ini merupakan pembuatan kapal ke tiga ini. Kami berharap hubungan antara PT. Caputra Mitra Sejati Banten dan Angkatan Laut dapat terjalin dengan baik. ”

Pemberian nama Albakora merupakan diamb dari jenis ikan Tuna Putih yang memeliki karakteristik kecepatan dan ketahanan dalam berenang yang sesuai dengan fungsi asasinya sebagai kapal patroli yang mampu bermanuver secara cepat dan rencananya akan memperkuat Satuan Patroli Komando Armada III.

Pembuatan kapal tersebut merupakan wujud peran TNI Angkatan Laut dalam memberdayakan kemampuan industri dalam negeri guna mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri.