UI Peduli Aksi Edukasi Siswa Tumbuhkan Minat Baca

UI Peduli Aksi seusai memberikan bantuan alat pendidika pada warga korban kebakaran (12/07)
Jakarta, beritash.com- UI Peduli Aksi kembali mengadakan pengabdian masyarakat 2018. Dengan tagline "Mari Kita Peduli, Mari Kita Aksi", mereka mengusung program meningkatkan minat baca di wilayah rawan kebakaran.

"Dipilihnya kelurahan Tanah Tinggi, Senen, Jakarta Pusat karena merupakan wilayah rawan kebakaran. Selain itu, lokasinya berdekatan dengan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI. Ini yang  menjadi prioritas utama pada kegiatan kami," kata Ketua Tim UI Peduli Aksi Pengabdian Masyarakat SKSG UI, Dr. Susi Ong di Jakarta, Kamis (12/07).

Susi mengatakan, kegiatan yang dimotori oleh tim dosen yang berasal Program Studi kajian Jepang, Program Studi Ketahanan Nasional, Kajian Timur Tengah dan Islam di bawah naungan SKSG UI ini,   dilaksanakan dengan memberikan bantuan kepada 65 siswa SD, SMP, dan SMA  korban bencana kebakaran di wilayah tersebut berupa paket buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah.

"Rangkaian UI Peduli Aksi berikutnya menggali lebih dalam minat baca anak-anak melalui lomba cerita kerentanan kebakaran di wilayahnya. Pasalnya, penggalian minat baca melalui perspektif anak-anak usia sekolah menjadi penting untuk masyarakat," kata Susi.

Wakil koordinator tim UI Peduli Aksi, Dr. Palupi Lindiasari mengatakan, kegiatan UI Peduli Aksi pada bulan Juli-Agustus 2018 ini, juga mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang tokoh masyarakat, aparatur sipil dan ahli untuk meningkatkan minat baca anak usia sekolah.

Kegiatan FGD, ujar Palupi, bertujuan mengembangkan minat baca juga sekaligus edukasi pada tokoh dan aparatur sipil mengenai tumbuh kembang minat baca. UI Peduli Aksi tersebut dilakukan RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Pandawa yang dibuka oleh Bpk Sutami SKM., MT.  sebagai lurah tanah tinggi.

"UI Peduli Aksi SKSG UI juga memberikan bantuan kepada RPTRA Pandawa berupa buku-buku mengenai pengetahuan/antisipasi kebakaran di wilayah tersebut dan mainan edukasi yang dapat digunakan anak-anak usia sekolah di lingkungan tersebut," tukasnya.

Diketahui, kegiatam UI Peduli Aksi  digerakan beberapa dosen, antara lain  Dr. Susi Ong, Muhamad Syauqillah PhD, Dr. Dara Iskandar, Dr. Adis, Dr. Palupi Lindiasari dan didukung oleh Tim Mahasiswa Forum Mahasiswa SKSG UI.