Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sugih sembelih 5 hewan Qurban.

Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sugih sembelih 5 hewan Qurban.

Gunung Sugih, INFO_PAS. Menyembelih hewan qurban adalah sesuatu yang disyari’atkan berdasarkan Al Qur’an, As Sunnah dan Ijma’ (konsensus kaum muslimin). Diantara ayat Al Qur’an dan hadits Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam yang menjadi pertanda disyari’atkannya ibadah qurban yaitu Allah Ta’ala berfirman yang artinya “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah.” (QS. Al Kautsar: 2). Kemudian ayat lain dijelaskan “Katakanlah sesungguh nya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam.” (QS. Al An’am: 162).

Semarak Idul adha tidak hanya di masyarakat pada umumnya, kehidupan didalam jeruji besi pun sangat menanti hari nan suci tersebut, suasana penuh rasa syukur terjadi di Lapas Gunung Sugih, berbagai rangkaian kegiatan dilakukan dimulai malam takbir, shalat ied dan penyembelihan hewan qurban. Demikian disampaikan Kepala Lapas Gunung Sugih, Syarpani saat memberikan sambutan di Masjid AlFurqon Lapas. 22/8.

" Lapas Gunung Sugih melaksanakan berbagai kegiatan dimulai dari malam takbiran, shalat idul adha dan pemotongan hewan qurban. Warga binaan semangat sekali mengikuti rangkaian kegiatan", jelas pendiri pesantren lapas ini.

Syarpani menyampaikan bahwa pada tahun 2018, Lapas Gunung Sugih menerima 5 hewan qurban yang berasal dari mitra lapas dan pegawai.

" Kami menerima 5 ekor hewan Qurban, meningkat dibanding tahun lalu hanya 2 ekor. Kambing ini berasal dari Bank BRI Bandar Jaya, Mitra Lapas dan pegawai", ujar bapak tiga anak ini.

Alumnus SMU Negeri 1 Kotabumi ini menjelaskan bahwa hewan qurban akan di sembelih dan didistribusikan ke seluruh warga binaan.

" Hewan qurban ini akan disembelih hari ini juga, dimasak bumbu gulai dan dibagikan kepada semua penghuni lapas untuk menu makan siang". Tutup Syarpani.

Kontribitor : Suryanto