Pastikan Napi bebas HIV/ AIDs, Lapas Gunung Sugih adakan Screening.

Pastikan Napi bebas HIV/ AIDs, Lapas Gunung Sugih adakan Screening.

Gunung Sugih, INFO_PAS.
Lembaga Pemasyarakatan dinilai sebagai tempat yang rentan terhadap penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS. Sebab, banyak warga binaan dari luar yang masih menjalani pergaulan bebas, dan kemudian membawa virus mematikan itu ke dalam lapas.

Sebanyak 68 Warga Binaan Pemasyarakatan di lakukan screening HIV/AIDS agar penyakit itu dipastikan tiada dalan lapas. Demikian disampaikan Kepala  Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunung Sugih , Syarpani. Kamis. 30/8.

" Kami adakan test mendadak dan diambil sampel secara acak. Alhamduliklah hasil nya langsung bisa di ketahui dan semuanya negatif," ujarnya.

Syarpani mengatakan kegiatan ini merupakan langkah antisipatif agar penderita HIV/AIDS dapat terdeteksi dan mendapat penanganan lebih awal. Menurutnya, selama ini pihaknya menerima warga binaan dari seluruh Lampung Tengah  tanpa mengetahui riwayat kesehatannya

" ini deteksi dini, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama  dengan Puskesmas Gunung Sugih. Ini akan dilakukan setiap tiga bulan  sekali untuk seluruh warga binaan, " kata bapak yang punya hobi baru memancing ini.

Kontributor: Suryanto