Deklarasi AKPI Ketum Brigitta Hadianto Imam Raharyoe Periode 2019-2022

Deklarasi AKPI Ketum Brigitta Hadianto Imam Raharyoe Periode 2019-2022


Acara deklarasi AKPI yang berlangsung di hotel grand Hyatt Jakarta,10 Mei 2019. Pada saat wawancara ibu Ketum Brigitta memberikan wacana tentang Visi dan misinya AKPI ini," untuk menguatkan organisasi keanggotaan karena dengan cara pertama-tama kode etik kita tak akan di sosialisasikan lebih mantap kepada para anggota terutama yang baru dan juga standar profesi.

Dan kita mempunyai standar profesi pada tahun 2002 berdasarkan undang-undang tahun 1998.Sedangkan tahun 2004 ada undang-undang baru tetapi standar profesi ini belum di sesuaikan dengan undang-undang yang baru.

Jadi kita akan perkuat dalam organisasi ini adalah profesi yang mempunyai etika dan kode etik yang baik.Dan jumlah anggota AKPI sudah mencapai 1000 orang dan kalau bisa kita tumbuh serta jadi anggota AKPI pertama-tama harus lulus dulu menjadi seorang sarjana hukum dan setelah itu harus lulus menjadi advokat dan setelah itu ikut pendidikan notaris.Jadi ada tiga tahap kalau mau bergabung di AKPI ini "ujar Ketua Umum AKPI Brigitta Hadianto Imam Rahayoe.

Standar profesi AKPI kita sesuaikan yang ada sekarang ini sudah bagus tapi kurang sosialisasi dan harus di tingkatkan,jadi keinginan kami seperti organisasi profesi yang lainnya.Organisasi profesi itu ada dua harus punya kode etik dan standar profesi.Dan itu harus dimiliki oleh seseorang yang bergabung di AKPI ini.Dan saya menginginkan AKPI ini mempunyai standar profesi yang di akui di pemerintahan.

Karena kita ini mempunyai undang-undang perpajakan dan menbekap para pengurus itu,kalau di internasional sudah mempunyai standar yang tinggi dan tersosiaslisasi dengan baik.Kita hanya menginginkan kasus kok totalitas saya kepada organisasi AKPI ini.Kita harus punya standar sebagai pengurus ke anggotaan atau sebagai kurator sudah sesuai tidak standar profesinya ini.Kalau melenceng dari standar profesinya bisa ditegur oleh dewan kehormatan.

Justru kita kadang-kadang bagaimana setiap anggota menempati kode etik sesama profesi tetapi kalau dia melanggar kode etik profesi,pertama-tama polisi tidak usah di laporkan dulu tapi harus dilaporkan dulu ke dewan kerhormatan,kalau dewan kehormatan menilai anggota itu telah bekerja dengan sesuai kode etik kritik dan saran profesi kita akan mengatakan,"pak polisi kita punya anggota AKPI tidak memenuhi persyaratan yang ada di standar profesi.Jadi di situ kita adakan pembelaan pada anggota AKPI.