Aksi UI untuk Negeri: Jaga Keindahan Pariwisata Dengan Aksi Bersih Pantai

Jakarta, beritash.com– Senen (5/8), program Aksi UI untuk Negeri yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat SKSG UI menarik banyak antusias masyarakat dari berbagai elemen untuk berkolaborasi. Dengan tujuan untuk menjaga keindahan pariwisata dan mengenalkan potensi eduwisata di Pantai Mapak Indah, UI bersama Tim KKN Universitas Mataram (UNRAM) berkolaborasi dengan warga sekitar dan beberapa komunitas lokal peduli lingkungan seperti Generasi Pesona Indonesia (GenPI), Trash Hero serta lainnya mengadakan aksi bersih pantai sekitar Pantai Mapak Indah-Pantai Gading. Kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Bapak Lurah Jempong, Camat Sukarbela , Dinas Perikanan, dan Satgas Zero Waste NTB.

Acara ini berhasil menyatukan antar stakeholder untuk membangun kesadaran bersama akan pentingnya merawat keindahan pariwisata Lombok dan bahaya sampah plastik bagi keberlangsungan pariwisata.

Para peserta sangat antusias, bahkan ada kelompok Ibu-Ibu dari Darma Wanita PLTU yang turut serta membawa anaknya, serta komunitas Trash Hero Kids yang beranggotakan anak-anak dalam Aksi tersebut.

Tim KKN UNRAM yang ada di area tersebut merupakan Tim KKN Tematik Pariwisata, sehingga kolaborasi kegiatan ini dianggap sangat cocok dan dapat menjadi ajang mengenalkan potensi wisata terutama penangkaran penyu dan terumbu karang di area tersebut.

Saat ini ada sekitar 1000 lebih telur penyu yang sedang dinantikan penetasannya untuk kemudian dipelihara dan dilepaskan ke laut saat sudah siap. Penyu tersebut akan kembali ke tempat asal dia dilepaskan ketika suatu saat sudah dewasa dan akan bertelur nantinya.

Lu'liyatul Mutmainah