Apresiasi untuk TNI dan Polri atasi Kerusuhan Papua

Apresiasi untuk TNI dan Polri atasi Kerusuhan Papua

Langkah dan Strategi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian dalam menangani kerusuhan di beberapa daerah Papua dan Papua Barat yang menggunakan jalan dialog dan pendekatan humanis banyak menuai apresiasi berbagai pihak, salah satunya dari Forum Satu Bangsa (FSB).

Sekjend FSB, Muammarullah Umam menilai apa yang dilakukan oleh Panglima TNI dan Kapolri dalam menangani Papua merupakan sebuah kemajuan menangani konflik sosial yang tidak mesti dilakukan dengan cara mengangkat senjata atau operasi militer.

“Kita patut mengapresiasi langkah Panglima TNI dan Kapolri yang tidak tergoda untuk menggunakan pendekatan operasi militer, dan lebih memilih pendekatan humanis. Melakukan dialog membangun komunikasi dan pendekatan personal sesama warga bangsa,” kata Muamarullah dalam keterangannya di Jakarta, Jum’at (6/9/2019).

Upaya Panglima TNI dan Kapolri melakukan pendekatan humanis di bumi cendrawasih menurut pria yang akrab disapa Mumu itu tidak sekedar basa-basi tapi juga dibuktikan dengan langkah kongret berkantor bersama Kapolri di Papua.

Pengamat bidang intelijen dan ketahanan nasional Stepi Anriani memberikan apresiasi kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto atas kerja kerasnya mengatasi kerusuhan di Papua. Saat ini secara pelan namun pasti, kata Stepi, situasi Papua berangsur kondusif.

"Tentu apresiasi patut kita berikan kepada Panglima TNI dan jajaran yang terus bekerja keras mengatasi kerusuhan di Papua," kata Stepi Anrian, Sabtu (7/9/2019).

Penulis buku Intelijen dan Pilkada tersebut mengatakan bahwa tidak benar jika TNI disebut cuek dalam urusan Papua. Pasalnya, dalam kasus Papua, justru Panglima TNI memberikan perhatian lebih intensif dan khusus.

"Justru untuk kasus Papua, Panglima TNI bekerja sangat ekstra, dengan pendekatan-pendekatan khusus, misalnya dengan berkantor di Papua guna memahami persoalan secara langsung," terang Stepi.

Stepi berpandangan bahwa kerja-kerja TNI dalam mengatasi persoalan Papua dan membuat suasana kondusif di bumi cenderawasih tersebut tidak banyak terekspos media. Padahal banyak sekali prestasi yang sudah dilakukan Panglima TNI mulai ia dilantik hingga sekarang.