FGD Divisi Humas Polri Melaksanakan acara Dialog "Merajut Kebhinnekaan Menuju Indonesia Maju"

Beritash.com-Jakarta,11 September 2019-Acara dibuka oleh Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H (Kepala Divisi Humas Polri)
Hadir sebagai Nara sumber dalam acara FGD ini yaitu :
-Direktur Sosial Budaya Mabes POLRI
-Lenis Kogoya
Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua.
-Edwin Tambunan
(Pakar resolusi konflik)
-Edo Kondologit
(Penyanyi Dan Musisi Indonesia)
Moderator :
Fristian Griec

Sila ketiga persatuan indonesia dalam sila ketiga pancasila dalam suka dan dukanya dari sampai sabang sampai marauke.Dulu di papua jalanan tidak bagus dan sekarang dengan pembangunan merata papua sudah bagus transportasinya.
Dan ekonomi sudah membaik BBM harga sudah merata masyarakat papua sudah menikmati.

Ada tiga fakta kebangsaan indonesia adalah tersusun dalam sumpah pemuda
Keberagaman akan terus perpedahaan ini akan berbeda terus.Perbedaan komplit dari dulu sampai sekarang dan sekarang bagaimana kita memperbaiki komplit tersebut.Kita harus mengolah perbedaan bagaimana perbedaan itu harus kita luruskan.
Kegagalan mengelolah perbedaan secara sentralistik.

Perbedaan yang di kelolah bukan untuk kepentingan kelompok dan perbedaan bukan hanya di bibir saja.Belajar dari kegagalan ini kita harus berubah dan kita harus berubah kalau tidak negara lain akan tenggelamkan negara kita.
Siapapun institusi yang di percayakan untuk mengelolah perbedaan.Dan harus investasi benar-benar yang harus di manfaatkan jangan hanya investasi infrastruktur saja tapi SDM Bangsa indonesia.

Kita perlu cermati ketika ancaman pada saat ini adalah adanya ancaman di eradigital sangat luar biasa untuk mengakses informasi yang ada.Dalam satu menit kita bisa mendengar apa yang terjadi dalam negeri maupun di luar negeri.Persoalan dalam beragama dalam berpolitik kalau masyarakat kalau komplit susah untuk di perbaiki jadi mari kita memperbaiki kesalaha-ke salahan yang masa lalu jaganlah untuk terulang lagi untuk memecah bela bangsa kita.Pihak polri lebih banyak dan menjangkau di seluruh nusantara untuk memyampaikan pesan-pesan untuk strategi humas polri di kalangan muda-muda untuk tidak berseteru antar suku karena kita satu Negara RI.Polri harus bisa menyampaikan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat dan di perlukan investasi sarana dan komunikasi.

Artis penyanyi yang putra Papua Edo Kondologi,"menyampaikan dengan adanya kasus ini maka kita sebagai anak bangsa kita adalah saudara satu rahim dari ibu pertiwi".
Dari lirik lagu Edo Kondologi adalah sangat menyentuh para yang hadir di acara dialog tersebut.

Permasalahan di papua dimana cara pandang kita tentang papua itu salah.Pemerintah harus introspeksi sebagai warga papua yang menetap di jakarta sudah 35 tahun.Kita sebagai orang papua harus bangga,cara pandang kita tentang papua tahunya papua itu kaya dengan tambang.

Kita lihat sejarah agama kristen injil masuk duluan di papua dari pada di medan.Indonesia timur adalah sejahtera tapi kenyataannya adalah kita sangat miskin.

Penduduk Indonesia yang terdiri dari  265 juta yang mendiami 17.000 pulau,  dengan berbagai etnis,  suku, budaya dan agama.
Di sisi lain , masyarakat Indonesia Indonesia di kenal sebagai masyarakat multikultural , yakni masyarakat  yang anggotanya memiliki latar belakang budaya beragam .

Bila di kelola secara benar, kemajemukan dan multikulturalitas menghasilkan energi hebat. Sebaliknya , bila tidak divkelola se cara benar , kemajemukan dan multikulturalitas bisa menimbulkan bencana dasyat.

Selain  meningkatkan mutu bangsa agar dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lain, pendidikan juga berperan memberi perekat antara antara berbagai perbedaan  diantara komunitas kultural atau kelompok masyarakat yang memiliki latar belakang budaya berbeda - beda agar lebih meningkat komitmen nya dalam berbangsa dan bernegara.