Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Gelar Sunatan Keliling di Perbatasan RI-Malaysia

Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Gelar Sunatan Keliling di Perbatasan RI-Malaysia

(Penkostrad. Senin, 9 September 2019).  Sirkumsisi atau lebih dikenal khitan atau yang biasa disebut sunat pada anak laki-laki adalah membuang kulit kulup pada ujung penis. Secara medis, khitan juga dilakukan karena indikasi tertentu. Misalnya karena fimosis, yaitu keadaan kulit pada kepala penis atau kulup mempunyai lubang terlalu sempit, sehingga kulit kulup tidak dapat tertarik kebelakang atau membuka.

Pada kesempatan kali ini, dalam kegiatan melayani masyarakat yang berada di perbatasan. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Yonif Raider 303 Kostrad melaksanakan pelayanan senatan keliling secara door to door. Kali ini kegiatan dilaksanakan di wilayah Kampung batu majang, Kecamatan Long bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Sabtu  (7/9).

Berbeda dari yang biasa dilakukan, khitanan kali ini dilakukan oleh Tim Kesehatan Satgas Pamtas Yonif Raider 303 Kostrad yang dipimpin langsung oleh Letda Ckm Dr. Rulli Eka Prananda selaku dokter Satgas Yonif Raider 303 Kostrad dengan menyambangi ke rumah warga yang akan di khitan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga Mahakam Ulu yang ada di Desa-desa. Salah satunya dengan melaksanakan sunatan kepada AR yang berusia 22 tahun.

Kegiatan itu dimaksudkan karena dilatarbelakangi keterbatasan tenaga medis, kondisi ekonomi serta letak wilayah pedesaan yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan, sehingga menyulitkan bagi warga masyarakat untuk mengkhitankan anggota keluarganya.

Atas permintaan masyarakat yang datang ke Pos Kotis Satgas Yonif Raider 303 Kostrad, dokter Satgas mendatangi rumah warga yang salah satu anggota keluarganya ingin dikhitan. Menurut Letda Ckm Dr. Rulli Eka Prananda selaku dokter Satgas Yonif Raider 303 Kostrad, khitan adalah suatu langkah yang sangat baik bagi kesehatan.

Pihaknya juga menegaskan bahwa Satgas Yonif Raider 303 Kostrad yang dilengkapi dengan tim medis yang memadai, selalu terbuka untuk melayani kesehatan masyarakat.

Bapak Eko (55) salah satu warga Kampung Batu Majang menerangkan, dirinya mendapat info dari mulut ke mulut bahwa Pos Kotis Satgas Yonif Raider 303 Kostrad dapat melayani khitan bagi anak-anak di perbatasan. “Kami sangat berterima kasih kepada bapak dokter atas bantuannya.”

“Dalam melayani masyarakat, pihak Satgas Yonif Raider 303 Kostrad tidak pernah membeda-bedakan satu sama lai,.” tegas dokter Satgas Yonif Raider 303 Kostrad ini.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim
HP.081220102345