Antisipasi Lonjakan Arus Balik Mudik Polsek Kebun Jeruk Melantik Satgas Tiga Pilar

(Jakarta)Beritash.com- Jajaran Polsek Kebun Jeruk dipimpin Kompol R Manurung, SH bersama Tiga Pilar Kecamatan Kebun Jeruk melantik Relawan Covid-19 dalam rangka Kontijensi Plan guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca Mudik Lebaran tahun 2021.di wilayah Lapangan Bola Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat turut hadir Kapolsek Kebun Jeruk Kompol R Manurung, SH, Camat Kebun Jeruk Saumun, SSos, Danramil 05/KJ diwakili Babinsa Peltu Uleng, Ka Puskesmas dr Yeffi Eskar, para Lurah se-Kecamatan Kebun Jeruk, para Kanit, Kapolsubsektor, dan Bhabinkamtibmas, Babinsa Koramil 05/KJ, Tenaga Medis Puskesmas Kebun Jeruk dipimpin dr Putri Kurniasari, Staf Dispora Kecamatan Kebun Jeruk, Satpol PP, dan Relawan Covid-19.(04/05/21).

Giat kali ini dilakukan 146 personel terdiri dari Polri 35 personel, TNI/Mitra Jaya 25 personel, Satgas Relawan Covid-19 70 personel, Satpol PP 10 personel, Gulkarmat 6 personel. Pelantikan dipimpin langsung Camat Kebun Jeruk Saumun SSos selaku Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 bersama Kapolsek Kompol R Manurung, SH dan perwakilan Koramil 05/ Kebun Jeruk. Pelantikan ditandai dengan penyematan pita Merah Putih dan penyerahan kentongan kepada perwakilan Relawan Covid-19. Tujuan giat ini Pembentukan Relawan Covid-19 dipersiapkan sebagai kontijensi plan dalam menghadapi lonjakan kasus Covid 
-19 pasca mudik lebaran ungkap R Manurung.


Giat penanganan Covid-19 sesuai atensi Kapolsek Kebun Jeruk Kompol R. Manurung, SH atas arahan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol ADY WIBOWO,, SIK, Msi dan petunjuk Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr M Fadil IMRAN, MSi. 

Kapolsek menyampaikan Relawan Covid-19 terdiri dari 10 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kelurahan seKecamatan Kebun Jeruk. Selama ini himbauan penanganan Covid-19 hanya dilakukan oleh Babhinkamtibmas, Bhabinsa dan Satpol PP (Tiga Pilar) Pembentukan Relawan Covid-19 sekalligus untuk menghadapi jika terjadi Mikro Lockdown kasus lonjakan Covid-19. selain itu juga dipersiapkan GOR sebagai tempat Isolasi.

Camat menyampaikan terimakasih kepada Kapolsek Kebun Jeruk yang menginisiasi pembentukan Satgas Relawan Covid-19 dalam rangka mengantisipasi lonjakan covid-19. Relawan Covid-19 yang merupakan perwakilan para tokoh masyarakat diharapkan dapat membantu Tiga Pilar Kebun Jeruk menangani pandemi Covid-19. Pengendalian Covid-19 merupakan tanggung jawab Kita semua untuk itu pelaksanaan pengendalian Covid-19 harus dilakdanakan secara semesta dan bersatu padu harapan semoga kasus lonjakan Covid-19 yang terjadi di wilayah lain tidak terjadi di kebun Jeruk, ungkap Saumun, SSos.

Dalam giat tersebut disimulasikan Relawan Merah Putih yang terdiri dari 10 orang perwakilan dari tiap-tiap Kelurahan melaksanakan Ronda Covid-19 dengan menggunakan kentongan (alat komunikasi tradisional) Relawan melaksanakan himbaun Protokol Kesehatan kepada warga yang berkumpul/berkerumun. Relawan mendapat laporan dari warga bahwa ada warga yang pingsan/sakit diduga terindikasi Covid-19. Relawan melaporkan kepada Polsek Kebun Jeruk/ Tiga Pilar untuk selanjutnya diteruskan kepihak tenaga medis (Puskesmas) Kecamatan untuk mendapatkan penanganan medis. Tenaga medis tiba di TPK dengan menggunakan ambulance dan memakai baju APD selanjutnya, tenaga medis melaksanakan Swab Antigen untuk deteksi dini gejala Covid-19. Selanjutnya Nakes membawa pasien (warga) ke Puskesmas/Rumah Sakit untuk melanjutkan penanganan lebih lanjut ungkap R. Manurung