FILANTRA BANTU KEHIDUPAN PORTER DI 9 STASIUN KERETA DI INDONESIA

(Beritash.com)Diterapkannya PPKM Darurat karena lonjakan kasus Covid 19 di Indonesia bertujuan untuk membatasi penyebaran virus corona. Namun sayangnya dibalik tujuan baik itu ada mereka, masyarakat kecil yang kesulitan mengais rezeki, seperti halnya Porter jasa angkut Stasiun.

Sepinya penumpang kereta di masa PPKM ini membuat para porter stasiun ini kesulitan mendapatkan pemasukan. Perlu diketahui bahwa profesi porter stasiun ini tidak digaji oleh stasiun, sehingga pendapatan mereka hanya bergantung pada jumlah penumpang yang memakai jasa angkut porter ini.

Mereka pun dibayar tanpa tarif yang tidak tetap, cenderung seikhlasnya antara Rp5.000 hingga Rp20.000 dari satu penumpangnya. Sehingga jika di hari itu mereka tak dapat penumpang, tak jarang juga mereka tak membawa uang sepeser pun saat pulang ke rumah. Namun jika sedang ramai, mereka bisa saja mengantongi Rp100.000.

Namun kini di masa Pandemi Covid 19 ini semuanya tak sama lagi, mereka bahkan kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya bersama keluarga.

Melihat kondisi tersebut, Filantra berinisiatif untuk meringankan beban para porter stasiun ini dengan memberikan bingkisan berupa paket sembako dan insentif sejak Juni hingga Juli 2021 ini.

Hingga Kamis (22/7) Filantra secara total Filantra sudah menyalurkan bantuan tersebut untuk porter-porter di 9 stasiun kereta yaitu: Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Senen Jakarta, Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Kejaksan Cirebon, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Semarang Tawang.

Sekarang ini Filantra pun masih terus dalam proses menyalurkan bantuan untuk lebih banyak porter lagi di stasiun lainnya.

Asep Nurdin, CEO Filantra menyatakan "Sebagai lembaga sosial Filantra perlu terus aware terhadap fenomena yang ada di sekitar. Kita lihat para porter ini juga terdampak sekali ekonominya di masa pandemi ini. Kami pikir mereka juga perlu dibantu supaya tetap semangat. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari mereka."