Perampasan Sepeda Motor Dengan Kekerasan Oleh Debt Collector

(Jakarta)Beritash.com- Terjadi perampasan sepeda motor dengan kekerasan di permata hijau pada hari rabu 18 agustus 2021,yang dilatar belakangi permasalahan kredit macet kendaraan bermotor.(18/08/21).

Saat dtemui di polsek kebon jeruk jakarta barat yang menangani kasus ini korban yang bernama Fian mengaku dia dbuntuti oleh empat motor yang dimana satu motor berbonceng 2 orang, dia diikuti sampai komplek perumahan yang jalan agak sepi lalu dia dberhentikan paksa ,salah satu dari dept colector menyampaikan kalau motor yang dipakai korban menunggak angsuran 3 bulan lalu mereka mengajak korban untuk ikut ke finance untuk diurus,akan tetapi setelah kira kira 1 km dari tempat pemberhentian itu korban diturunkan paksa di jl. panjang arteri kebon jeruk jakarta barat lalu korban di pukuli dan dtendang oleh 3 dept colector sampai jatuh dan dept colector membawa lari motor korban.

Korbanpun meminta tolong ke pengendara yang lewat untuk mengejar dept colector tersebut sampai dlampu merah relasi jl. panjang akhirnya bertemu dengan pelaku lalu korbanpun langsung lompat ke motor tersebut dan dibantu pengguna jalan dan ojek online datang sedang melintas disitu lalu dibawa ke polsek kebon jeruk jakarta barat untuk ditindak lanjuti.

Korban pun menyayangkan karena ada aksi kekerasan dijalan yang dlakukan debt colector.Salah satu polisi yang menangani permasalah ini menuturkan pihak debt colector saat ditanya mereka tidak bisa menunjukan surat tugasnya,dan masih mendalami motif dari pemberhentian dan kekerasan yang dialami korban.

Berdasarkan perkap no.8 tahun 2011,pihak finance dimungkinkan untuk meminta bantuan ke pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan guna menguasai fisik dari benda yang diikat jaminan financial.

Namun dalam prakteknya masih banyak ditemuakan tindakan debt collector yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku,bahkan mengarah ke perbuatan melawan hukum.

Dan sampai saat ini kejadian perampasan ini masih dtangani oleh pihak polsek kebon jeruk jakarta barat.